Wabup Ardani memberikan apresiasi kepada 18 Perangkat daerah yang telah berpartisipasi aktif dalam pelaporan IGA tahun 2023.



Wakil Bupati Ogan Ilir, H. Ardani SH.,MH, membuka Rapat Pelaporan Hasil IGA dan Pemberian Penghargaan IGA tahun 2023. Jum'at (22/12/2023). bertempat di Ruang Rapat Utama KPT Tanjung Senai Kabupaten Ogan Ilir.


Wakil Bupati H Ardani SH.,MH menjelaskan bahwa inovasi bertujuan untuk meningkatkan kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah. Inovasi merupakan hal mutlak yang harus dilakukan setiap perangkat daerah sebagai komitmen untuk memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat.


" Penerapan inovasi daerah bertujuan untuk mempercepat kesejahteraan masyarakat melalui pelayanan publik, pemberdayaan masyarakat, serta peningkatan daya saing daerah, " ujarnya.


Pemerintah kabupaten Ogan ilir, akan terus mendorong dan mendukung agar semakin banyak inovasi daerah yang dihasilkan dan diterapkan oleh perangkat daerah dalam rangka meningkatkan SDM, Mutu Pelayanan Publik, dan terwujudnya kemandirian ekonomi daerah. oleh karena itu, saya minta setiap perangkat daerah wajib memiliki inovasi.


Penilaian Indeks Inovasi Daerah (IID) melalui aplikasi Innovative Government Award (IGA) telah dilaksanakan dan kita sudah ketahui bersama jika kabupaten ogan ilir, alhamdulilah mendapatkan predikat “Kabupaten Sangat Inovatif”.


"melalui kegiatan ini, saya mengapresiasi perangkat daerah yang telah berkontribusi dalam pelaporan IGA tahun 2023, di mana kabupaten ogan ilir telah melaporkan 90 inovasi daerah melalui aplikasi IGA kemendagri, " jelasnya.


Wabup Ardani juga  mengajak seluruh perangkat daerah untuk terus berinovasi memajukan organisasinya masing-masing. jadikan inovasi sebagai bagian dari budaya kerja untuk mencapai sasaran strategis yang telah kita tetapkan. 


Dalam kesempatan ini, Wabup Ardani memberikan apresiasi kepada 18 Perangkat daerah yang telah berpartisipasi aktif dalam pelaporan IGA tahun 2023 dengan memberikan piagam penghargaan Secara simbolis.


" Untuk itu, saya minta agar perangkat daerah segera mempersiapkan dokumen adminsitrasi dan data dukung yang menjadi indikator persyaratan agar dapat meningkatkan kematangan nilai masing-masing inovasi yang akan dilaporkan dengan berkoordinasi bersama Balitbangda, " tutupnya.


Sementara itu, Kepala Balitbang Ogan Ilir ibu Astuti, S.Pd., M.Pd, melaporkan bahwa ada 18 perangkat daerah lingkup pemerintah kabupaten ogan ilir yang telah turut andil melaporkan inovasinya dalam aplikasi iga tahun 2023. alhamdulilah, nilai indeks inovasi daerah kabupaten ogan ilir mengalami peningkatan dari tahun 2022 sebesar 51,2 menjadi 61,16. capaian ini tentunya harus dipertahankan dan kalau bisa terus ditingkatkan. Ardani berharap agar nilai indeks inovasi daerah kabupaten ogan ilir tahun 2024 dapat meningkat dari tahun 2023 ini. 


33 inovasi tahun 2023 yang masih bisa dilaporkan tahun 2024 dan ada 34 inovasi baru yang akan kita laporkan. saya minta kepada perangkat daerah yang memiliki inovasi tersebut wajib untuk melengkapi data dan meningkatkan kematangan inovasinya masing- masing agar dapat dilaporkan dalam aplikasi IGA tahun 2024.