Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 di Kabupaten Ogan Ilir

Pemkab Ogan Ilir menggelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 tingkat Kabupaten Ogan Ilir. Minggu, (01/10/2023). Bertempat di Lapangan Upacara KPT Tanjung Senai Indralaya.


Upacara ini di hadiri oleh Wakil Bupati Ogan Ilir, Kapolres Ogan Ilir, Kejari Ogan Ilir, Pabung Ogan Ilir, Anggota DPRD Ogan Ilir, Sekda Ogan Ilir, para Asisten Sekda Ogan Ilir, Staf Ahli Bupati, Kepala Perangkat Daerah PemKab. Ogan Ilir, TNI-Polri, dan Aparatur Sipil Negara Pemkab. Ogan Ilir serta siswa/siswi sekolah.


Dalam upacara tersebut, Wakil Bupati Ogan Ilir, H. Ardani, S.H., M.H, bertindak sebagai inspektur upacara membacakan teks Pancasila, simbol kesatuan dan keragaman Indonesia, yang diikuti dengan penuh khidmat oleh seluruh peserta upacara. 


Selanjutnya Ketua Komisi IV DPRD Ogan Ilir , Husnul Anam membacakan Pembukaan UUD 1945, mengingatkan seluruh peserta akan landasan hukum negara. sementara itu, Sekda Ogan Ilir, H. Muhsin Abdullah membacakan ikrar hari kesaktian Pancasila mengingatkan para peserta Upacara akan pentingnya menjaga dan memahami nilai-nilai Pancasila dalam membangun bangsa yang maju dan bersatu.


Dalam sambutannya Wakil Bupati Ardani mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada petugas dan seluruh peserta upacara sehingga kegiatan ini berlangsung lancar.


Wabup Ardani juga menyampaikan terkait masalah karhutla, untuk saat ini Kabupaten Ogan Ilir kondisinya sedang tidak baik-baik saja terhadap "Pembakaran Hutan Liar" sesuai dengan hasil Investigasi di lapangan 99% ini terindikasi ada unsur kesengajaan oleh oknum tidak bertanggung jawab, menyikapi hal tersebut pihak Pemerintah bersama dengan unsur kepolisian kabupaten Ogan Ilir sesuai dengan arahan kapolda Sumsel untuk mengambil sikap tegas kepada siapapun yang melakukan pembakaran hutan, " tegasnya.


Wakil Bupati Ardani juga menghimbau kepada masyarakat kabupaten Ogan Ilir untuk dapat mengambil peran penting ini terkait pencegahan pembakaran hutan, dengan cara melaporkan ke pihak yamg berwajib apabila di temukan pembakaran hutan.


" Apabila didapati pembakaran hutan yang terjadi di desa maka dari unsur kepolisian akan melakukan pemanggilan terhadap kepala desa tersebut untuk di periksa, " ujarnya. Hal Ini di lakukan demi berlangsungnya kenyamanan, kesehatan, keselamatan yang dapat merugikan dan ancaman penyakit ISPA khususnya anak-anak di kabupaten ogan ilir.