Jelang HUT RI Ke-78, Bupati Panca Ikut Paripurna Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia

Jelang peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2023, Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar, SH, bersama Forkopimda Ogan Ilir menggelar Rapat Paripurna Istimewa dengan agenda mendengarkan pidato Kenegaraan Presiden. Rapat paripurna ini, berlangsung di gedung DPRD Kabupaten Ogan Ilir. Rabu (16/8/2023).


Rapat paripurna istimewa ini dipimpin olek Ketua DPRD Kabupaten Ogan Ilir, Suharto HS, S.H, diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya diikuti seluruh peserta rapat. Berikutnya, kegiatan berlanjut menyaksikan dan mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI Joko Widodo melalui live streaming.


Pada kesempatan ini  Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyampaikan pidato kenegaraannya pada sidang tahunan MPR RI, bersama DPR RI dan DPD RI tahun 2023, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.


Dalam pidatonya Jokowi mengajak seluruh elemen bangsa untuk menyongsong momentum kemerdekaan Indonesia dengan semangat kemajuan. ‘’Negara ini memiliki potensi besar untuk meraih Indonesia Emas 2045 dan menjadi kekuatan lima besar ekonomi dunia,’’ ujarnya


Presiden menyebutkan, peluang besar pertama adalah bonus demografi yang akan mencapai puncak di tahun 2030-an.


"Enam puluh delapan persen adalah penduduk usia produktif. Di sinilah kunci peningkatan produktivitas nasional kita," ujarnya.


Salah satu peluang yang dimaksud Bapak Presiden adalah bonus demografi pada tahun 2030. Dimana 80 persen penduduk Indonesia berusia produktif. Selain itu, Jokowi juga menyoroti kepercayaan internasional (international trust) yang dimiliki Indonesia.


Momentum Presidensi G20, Keketuaan ASEAN, dan konsistensi Indonesia dalam menjunjung tinggi HAM dan kemanusiaan, serta kemampuan mampu bertahan pada krisis ekonomi dunia dalam tiga tahun terakhir, telah mengokohkan peran Indonesia dalam peta percaturan dunia.


Sementara itu Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Ogan Ilir untuk dapat bersinergi dalam memajukan Kabupaten yang kita cintai ini.