Bupati Panca Terima Audiensi ketua MTI Wilayah Sumsel

Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar, S. H, menerima Audiensi Prof. Ir. Erika Buchari, M. Sc., Ph.d, ketua MTI Wilayah Sumsel, Ketua pusat unggulan Riset transportasi Multimoda dan tim. Senin, (03/10/2022). Bertempat di ruang rapat Bupati Ogan Ilir. 


Prof. Ir. Erika Buchari, memaparkan kajian tentang transportasi daerah. Adanya peningkatan pelayanan infrastruktur transportasi Baik sarana, prasarana dan Transportasi menjadi tolak ukur pengembangan suatu kawasan atau daerah apakah sesuai dengan standar sebuah kawasan kabupaten. "Maka, diperlukan adanya Identifikasi permasalahan Transportasi saat ini serta perencanaan dan pengembangan transportasi di kabupaten Ogan Ilir untuk saat ini serta yang akan datang, " jelasnya. 


Dari pemaparan ketua MTI Wilayah Sumsel dengan Bupati Ogan Ilir, disimpulkan bahwa Hasil evaluasi transportasi di Ogan Ilir menunjukkan bahwa jaringan jalan dan lalulintas Untuk pelayanan belum ditata dan dibuat Untuk mendukung dinamika pertumbuhan ekonomi Kabupaten Ogan Ilir. Sedangkan simpul pelayanan Semuanya lumpuh mulai dari terminal, stasiun, dan dermaga, 

 

Erika menambahkan, konsep pengembangan selanjutnya menggunakan Demand pull dan supply push. Demand yang dulu Ada dan menghilang Dapat diciptakan kembali. "Sedangkan penyediaan sarana prasarana

digunakan konsep "Push" yaitu memaksa diadakannya agara tercapai target pengembangan sosial ekonomi di kabupaten Ogan Ilir, " tutupnya


Sementara itu Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar, mengatakan kajian ini sangat penting dan harus terus berlanjut tidak hanya di perhubungan tapi juga di dinas lainnya. "Kedepan agar setiap Perangkat daerah untuk melengkapi dasar agar lebih terarah melalui riset yang ada, " Ujarnya. 


Untuk trasnportasi sungai sudah banyak ditinggalkan masyarakat, beberapa waktu lalu Bupati melakukan susur sungai Ogan dari palembang sampai ke desa Burai. Dinas pariwisata juga telah melakukan kajian Terkait susur sungai, melalui ini dapat di kolaborasikan dengan dinas terkait. 


Harapannya untuk menghidupkan moda transportasi di Kota indralaya, tentunya akan memicu untuk berinvestasi. "Dengan hadirnya investasi maka, lapangan pekerjaan, tingkat ekonomi masyarakat akan meningkat, " ujarnya. 


Panca juga mengatakan bahwa, untuk mengembangkan kota indralaya agar kedepan seluruh hasil sumberdaya alam, hasil kerajinan masyarakat dapat ditumpahkan di kota kabupaten Indralaya agar perputaran ekonomi di kabupaten Ogan Ilir stabil. 


Turut mendampingi, Sekretaris Daerah Kabupaten Ogan Ilir H. Muhsin Abdullah, asisten Setda Ogan Ilir, Staff ahli Bupati, serta kepala dinas perhubungan kabupaten Ogan Ilir.