Bupati Panca Hadiri Rakornas dengan tema ”Kolaborasi Pemerintah Daerah dan IKN Untuk Mewujudkan Kota Dunia Untuk Semua

Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar S.H didampingi Kepala Perangkat Daerah Terkait hadiri Rapat Koordinasi Nasional dengan tema " Kolaborasi Pemerintah Daerah dan Ibu Kota Nusantara Untuk Mewujudkan Kota Dunia Untuk Semua " . Kamis (14/03/2024) Bertempat di Grand Ballroom Hotel Kempinski, West Mall Lantai 11, Grand Indonesia Jl. MH Thamrin No. 1 Jakarta


Acara ini dibuka langsung oleh Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara Bapak Prof. Ir. Bambang Susantono Ph. D,  dan dihadiri langsung oleh Gubernur dan Bupati/Wali Kota Se Indonesia


Bupati Panca Mengatakan Pemerintah daerah mendukung penuh segala kebijakan dari pemerintah pusat terkait Kolaborasi Pemerintah Daerah dan Ibu Kota Nusantara Untuk Mewujudkan Kota Dunia Untuk Semua.


Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara Bambang Susantono mengatakan, Ibu Kota Nusantara (IKN) akan menjalankan fungsi pemerintah daerah khusus (pemdasus) mulai tahun ini. 


" Tahun ini Nusantara akan melaksanakan fungsi penyelenggaraan pemerintah daerah khusus, " ujarnya.


Pada tahun 2024 ini, OIKN menargetkan bisa meraih investasi swasta dan publik sebesar Rp 100 triliun baik dari investasi publik maupun swasta. Investasi publik bisa berasal dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN), hingga lembaga non-pemerintah.


Rapat koordinasi ini dinarasumberi oleh, deputi bidang pengendalian dan pembangunan, ketua BPK RI, menteri dalam negeri, menteri pekerjaan umum dan  perumahan rakyat, menteri ATR BPN, kepala badan perencanaan nasional, dan Ridwan Kamil kurator pengembangan ibu kota Nusantara.


Rakornas tersebut bertujuan untuk memastikan pemerataan informasi mengenai bentuk Pemerintahan di IKN, potensi kerjasama dengan IKN, kekhususan IKN dan kewenangan khusus IKN, perkembangan pembangunan IKN, pelaksanaan investasi di IKN, serta untuk memperkuat kolaborasi dengan seluruh pemerintah daerah dan kementerian/lembaga di Indonesia.