Pimpin Upacara Hari Amal Bhakti, Bupati Ogan Ilir Sampaikan Pidato Kemenag RI

Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar SH. didampingi Ketua TP-PKK Ibu Tikha Alamsjah Panca Wijaya BA., (Hons), Ketua DWP OI Hj. Rosmalinda Muhsin, Asisten Sekda Ogan Ilir, Staf Ahli Bupati serta Kepala Perangkat Daerah Mimpin langsung Upacara Peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke 77 Kementerian Agama RI. Selasa (03/01/2023). Bertempat di Halaman MAN 1 Ogan Ilir Jl. KH. M. Harun No. 61 Desa Sakatiga Kec. Indralaya. 


Dalam pidato Menteri Agama RI, H. Yaqut Cholil Qoumas yang dibacakan oleh Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar menyampaikan, peringatan Hari Amal Bhakti ke-77 sebagai awal untuk mengenal, memahami dan meresapi atau bertanya kembali mengapa dan untuk apa Kementerian Agama yang dulu bernama Departemen Agama ini dilahirkan pada 1946. Jadikan peringatan HAB ini sekaligus sebagai penanda sejarah panjang pengabdian Kementerian Agama dalam melayani seluruh umat beragama di Indonesia.


"Kini Kementerian Agama telah terlihat berubah. Birokrasinya lebih lincah dan responsif. Transformasi digital mulai berjalan, salah satunya dengan kehadiran Pusaka Super Apps, aplikasi layanan Kementerian Agama. Beragam inovasi digital juga terus dilakukan, mulai pusat hingga daerah" Ucapnya. 


Hal yang membuktikan bahwa Kementerian Agama telah berubah, diakui dan diapresiasi oleh Kementerian/Lembaga dan publik, yang dihargai lebih dari 22 penghargaan pada tahun 2022 lalu. Menag berharap kepada seluruh insan Kementrian Agama untuk terus menjaga prestasi, tahun ini pun harus lebih baik dari tahun kemarin.


Di sela-sela membacakan sambutan Menteri Agama, Bupati Panca menambahkan sesuai dengan tema peringatan tahun ini yaitu "Kerukunan Umat Untuk Indonesia Hebat" Seperti yang ditampilkan oleh siswa/siswi MAN 1 Ogan Ilir yaitu penampilan Rebana dan juga Barongsai yang menunjukan perbedaan bisa menjadi satu. 


"Atas nama pemerintah Kabupaten Ogan Ilir mengucapkan selamat memperingati Hari Amal Bhakti ke-77 Kemenag RI, semoga Kemenag RI khususnya Kemenag Kab. Ogan Ilir dapat terus maju dan memberikan pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik lagi dari sekarang".


Dalam upacara Amal Bhakti ke-77 ini juga dilaksanakan penyerahan penghargaan Satya Lancana Karya Satya kepada 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun ASN Kemenag Kabupaten Ogan Ilir dan piagam penghargaan diserahkan langsung oleh Bupati Ogan Ilir. 


Hadir dalam Upacara tersebut Anggota DPRD Kab. Ogan Ilir, Unsur Forkopimda, Kepala Kantor Kementrian Agama Kab. Ogan Ilir atau yang mewakili, Kepala Pengadilan Agama Kayu Agung atau yang mewakili dan Seluruh Camat Kab. Ogan Ilir.