Hadiri Apel Besar Peringatan Hari Pramuka, Bupati OI Terima Penghargaan Pramuka Darma Bakti


Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar SH., MH., didampingi Sekda Ogan Ilir H. Muhsin Abdullah ST., MM., MT., dan Kepala Perangkat Daerah Terkait Menghadiri Apel Besar Peringatan Hari Pramuka ke 62 Tingkat Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumsel. Jum'at (01/09/2023) bertempat di Lapangan Utama Bumi Perkemahan H.Imam Sumantri Gandus Palembang. 


Acara ini dihadiri langsung oleh Ketua Kwarnas Komjen Pol (Purn.) Budi Waseso, Unsur Forkopimda Provinsi Sumatera Selatan, Bupati/Wali kota Se Prov. Sumsel dan Seluruh Peserta Apel Besar Peringatan Hari Pramuka ke 62.


Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Sumatra Selatan H. Herman Deru selaku pembina apel mengatakan meski sudah menginjak usia ke-62, Gerakan Pramuka khususnya Sumatra Selatan, untuk terus semangat tetap muda, selalu produktif dalam berkarya, inovatif, kreatif dan selalu menjadi yang terdepan dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Dalam rangkaian apel tersebut, H. Herman Deru menyerahkan Penghargaan Gerakan Pramuka berupa diantaranya Lencana Melati, Lencana Darma Bakti, Lencana Karya Bakti dan Pancawarsa.


Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar menerima penghargaan pramuka Darma Bakti, Sekda Ogan Ilir H. Muhsin Abdullah menerima penghargaan pramuka Darma Bakti dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sayadi menerima penghargaan pramuka Pancawarsa 3.


H. Herman Deru mengatakan Gerakan Pramuka Sumatra Selatan harus menjadi garda terdepan perubahan di negeri yang kita cintai ini. 


"Ingat Pramuka itu adalah Praja Muda Karana yang artinya jiwa muda yang suka berkarya," Ujarnya. 


Ia meminta Gerakan Pramuka untuk terus meningkatkan sumber daya manusia yang lebih profesional, serta memiliki wawasan kebangsaan yang luas.


Hal ini sesuai dengan Tema Hari Pramuka tahun ini yaitu "Dengan Peringatan Hari Pramuka Ke- 62, Mari Kita Wujudkan Sumber Daya Manusia Yang Profesional Dan Berwawasan Kebangsaan".


Sementara itu Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar mengatakan pemerintah Kabupaten Ogan Ilir mendukung serta memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada panitia acara karena telah berhasil dan sukses dalam menggelar Apel Besar Hari Pramuka ke 62 ini. 


"Pemkab Ogan Ilir tentu mendukung terselenggaranya kegiatan ini, karena melalui pramuka kita bisa mencetak anak-anak bangsa yang berkualitas, " Ujarnya.