Wakil Bupati H. Ardani Ajak Elemen Masyarakat Cegah Konflik Sosial Sejak Dini

Indralaya,- Wakil Bupati Ogan Ilir H. Ardani menggelar Rapat Koordinasi Penanganan Konflik Sosial dan Isu Radikalisme serta Isu Terorisme di Kabupaten Ogan Ilir.

Rakor tersebut dihadiri oleh Forkopimda Ogan Ilir, Tim Kewaspadaan Dini Pemda, Asisten Setda OI, MUI, FKDM, FPK, FKUB dan Kepala OPD Pemkab OI. Bertempat di Ruang Rapat Bupati KPT Tanjung Senai Indralaya. Selasa (6/4).

Wakil Bupati Ogan Ilir H. Ardani menyampaikan bahwa konflik sosial memang harus ditangani secara sistematis dan terencana, karena keberhasilan penanganan konflik sosial akan berdampak positif bagi kehidupan, baik dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, maupun bernegara. 

"Semua elemen organisasi stakeholder yang ada di Kabupaten Ogan Ilir harus bersatu dan bersinergi untuk menjaga zero konflik yang ada di Ogan Ilir ini," ujarnya.

Wabup menambahkan, hal-hal yang memicu terjadinya konflik sosial, kemajemukan agama, suku, dan golongan, bisa dicegah sedini mungkin.

"Kontestasi politik, seperti pilpres dan pilkada, bisa juga menimbulkan konflik sosial apabila masyarakat tidak dewasa dalam mengikuti isu-isu politik. Sekarang, harus berhati-hati terhadap dampak media sosial, yang bisa menimbulkan konflik sosial yang lebih luas.

"Mari bersama kita menjaga Ogan Ilir ini  agar selalu kondusif dalam segala macam konflik, karena sebagaimana diketahui Kabupaten Ogan Ilir ialah Kabupaten yang dikenal dengan Kota Santri," pungkasnya.