Tentara Bangun Desa Sarang Elang - Pulau Negara Ogan Ilir Melalui Program TMMD

Bupati OI H.M Ilyas Panji Alam SE., SH., MM diwakili Asisten I Setda OI Drs. H. A. Rahman Rosidi, MM., MBA. bersama Dandim 0402 OI-OKI dan Ketua DPRD Kab. OI dan di dampingi Kepala OPD, Camat Pemulutan Barat dan Kades Se-Kec. Pemulutan Barat menyambut kunjungan Tim Sosialisasi Petunjuk Teknis Bhakti TNI Dirsismet Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad) Brigjen TNI Achmad Said didampingi Kasrem Kodam 2 Sriwijaya ke Lokasi TMMD Ogan Ilir. Selasa (07/07/2020)  Bertempat di Desa Pulau Negara dan Desa Sarang Elang Kec. Pemulutan Barat.

Dalam paparannya Dandim Letkol Czi Zamroni S.Sos menyampaikan Program TMMD di Desa Sarang Elang - Pulau Negara Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir melibatkan sebanyak 150 personil TNI masing-masing dari kesatuan Yonzipur 2/SG dan Batalyon Kavaleri (Yonkav). 

Selama bertugas beberapa bulan di Desa Sarang Elang - Pulau Negara, ke-150 orang personil TNI tersebut tugas utamanya dilibatkan untuk melaksanakan pembangunan fisik pelebaran akses jalan masuk menuju Desa setempat. 


"Untuk tahapan pembangunan pelebaran akses jalan sudah berjalan 30 persen, begitupun juga pelaksanaan rehab masjid saat ini masih berlangsung," papar Dandim Letkol Czi Zamroni S.Sos, sementara diketahui sebagian pendanaan giat TMMD ini bersumber dari Mabes TNI, Kodam 2 Sriwijaya, serta APBD Pemda Kab. OI senilai Rp 2 Milyar. 

Dikatakan Dirsismet Pusterad melalui giat TMMD ini juga diharapkan dapat menyatukan TNI dengan masyarakat. Utamanya partisipasi masyarakat dengan adanya TMMD ini, dapat memberikan efek domino yang lebih besar ke masyarakat. 

"TNI hadir di Desa tidak hanya dilibatkan untuk melaksanakan pembangunan fisik saja. Melainkan juga melaksanakan giat penyuluhan rohani kepada warga. Dengan harapan kedepannya tidak ada konflik antar warga, menurunnya angka kriminalitas hingga sisi positif lainnya", kata Brigjen TNI Achmad Said.