Rapat Penanganan Covid-19 Jelang Idul Fitri, Bupati Panca : Warga Dilarang Mudik, Ini Demi Kesehatan Bersama

-Sholat Ied Dianjurkan Dirumah-

Indralaya,- Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar bersama Forkopimda, PJ. Sekda Ogan Ilir, Asisten Setda OI, Satgas Covid-19 Kab. OI, Kepala OPD Pemkab. OI dan Camat Se-Ogan Ilir menggelar rapat penanganan  Covid-19, menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Selasa (4/5), bertempat di Ruang Rapat Bupati KPT Tanjung Senai Indralaya. 

Rapat ini menindaklanjuti arahan Mendagri terkait pelarangan mudik dan pelaksanaan Sholat Idul Fitri ditengah pendemi Covid-19.

Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar menyampaikan rapat tersebut membahas Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kabupaten Ogan Ilir serta menganjurkan kepada masyarakat untuk Sholat Idul Fitri di Rumah kepada warga dibeberapa desa lantaran ada warga yang terpapar Covid-19.

"Saya sebagai Bupati memutuskan dengan berat hati dimana ada beberapa desa yang dianjurkan untuk melaksanakan Sholat Ied di Rumah saja, karena adanya warga yang terpapar virus covid-19. Dan desa lainnya jika hendak melaksanakan sholat ied harus sesuai arahan Mendagri dan Kementrian Agama dimana masjid atau lapangan harus berjumlah 50 persen dari kapasitas biasanya dan sesuai dengan protokol kesehatan," tegas Bupati.

Bupati menambahkan, pelaksanaan PPKM di Kabupaten Ogan Ilir mempertimbangkan zonasi wilayah dimasing-masing perbatasan Kabupaten atau Provinsi, untuk larangan mudik sehingga penyebaran wabah Covid-19 dapat diminimalisir di Ogan Ilir.

"Terkait adanya larangan mudik, semua sepakat akan melakukan penyekatan diperbatasan antar Kabupaten. Warga yang melakukan perjalanan lintas Provinsi atau Kabupaten tidak memiliki dokumen administrasi perjalanan maka Kepala Desa menyiapkan tempat Posko karantina mandiri selama waktu yang ditentukan," jelasnya.

Sambung Bupati, untuk memaksimalkan penanganan Covid-19 ini diperlukan sinergitas dari seluruh instansi terkait yang ikut langsung terlibat dalam penanganan Covid-19, selama Hari Raya Idul Fitri di Ogan Ilir.