Pemkab OI Targetkan UHC Di Tahun Ini Tercapai

Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar, S. H, diwakili oleh Sekretaris Daerah Ogan Ilir H. Muhsin Abdullah ST. MM. MT. didampingi Asisten I Setda Ogan Ilir dan Staf Ahli Bupati dan Kepala Perangkat Daerah Terkait Memimpin Rapat Lanjutan BPJS Kesehatan dalam Rangka Progress Capaian UHC Kab. Ogan Ilir dengan pemangku Kepentingan Utama BPJS Kesehatan, Jum'at (05/08/2022) bertempat di Ruang Rapat Utama Ogan Ilir.


UHC atau Cakupan kesehatan semesta adalah sistem perawatan dan pelayanan kesehatan yang menjamin semua penduduk di suatu negara atau wilayah tertentu memiliki akses untuk mendapatkan layanan kesehatan. 


Dari hasil rapat sebelumnya Kabupaten Ogan Ilir telah mencapai 89.17 % dari jumlah seluruh masyarakat Kabupaten Ogan Ilir yang telah terdaftar PBI, pada saat rapat hari ini Kabupaten Ogan Ilir telah mencapai sebanyak 90,11% data yang telah masuk dan untuk bisa mencapai UHC itu harus mencapai sebanyak 95%.


Sekda Ogan Ilir H. Muhsin Abdullah Menyampaikan bahwa dengan adanya audiensi bersama pemangku BPJS Kesehatan diharapkan dapat meningkatkan progres pencapaian UHC di Kabupaten Ogan Ilir. Tentunya untuk mencapai ini perlu kerjasama kita semuanya.


Sekda menjelaskan bahwa "Pemerintah daerah pada prinsipnya sangat mendukung apa yang diharapkan dari program BPJS ini untuk mencapai 100% ataupun UHC dengan minimal 95%, untuk mencapai ini awalnya yang dibutuhkan adalah data dan informasi, untuk ini ialah peran kita semua terutama pihak informasi yang dari bawah dari kepala desa dan sumber yang ada di desa"Ujarnya


"Harapannya marilah kita di setiap kepala perangkat daerah terkait dan pemangku Kepentingan Utama BPJS Kesehatan ini agar lebih serius kalau ini memeng harus kita menjadi kewajiban untuk menjadikan UHC baik dalam sajian data, informasi maupun kebijakan-kebijakan yang ada dilapangan termasuk program-program dari dinas terkait agar mengacu tercapainya target ini." Himbaunya