Pembukaan dan Serah Terima Mahasiswa Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) Fakultas Kesehatan Sriwijaya

Indralaya,- Wakil Bupati Ogan Ilir H Ardani S.H M.H didampingi Wakil Ketua TP PKK Ogan Ilir Ibu Hj Faizah dan Perangkat Daerah Kab. Ogan Ilir serta bersama Wakil Rektor IV Prof Dr., Ir., M Said M. S c bersama jajaran menggelar pembukaan dan Serah Terima Mahasiswa Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) Fakultas Kesehatan Sriwijaya. Kamis (27/5) Bertempat di Aula Gedung Caram Seguguk KPT Tanjung Senai Indralaya. 

Wakil Bupati Ogan Ilir H Ardani menyampaikan dirinya sangat menyambut baik pelaksanaan praktek belajar lapangan dan mengucapkan selamat datang bagi seluruh mahasiswa PBL dari universitas sriwijaya.

"Tentunya praktek belajar lapangan ini adalah salah satu kegiatan pendekatan diri mahasiswa kepada masyarakat dan sebagai bentuk pengabdian dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan tri darma perguruan tinggi. ini merupakan satu tugas pengabdian yang dibebankan kepada mahasiswa sebagai kerja nyata di lapangan," ujarnya.

Diharapkan kepada para mahasiswa yang akan melakukan praktik lapangan agar dapat mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari di bangku kuliah untuk diterapkan dalam kehidupan masyarakat dengan sebaik-baiknya demi kesejahteraan masyarakat khususnya di bidang kesehatan di Kabupaten Ilir.

"Untuk adik-adik mahasiswa universitas sriwijaya saya ucapkan selamat menjalankan peratik lapangan (pbl). Kita ketahui bersama bahwa pada saat ini indonesia bahkan dunia masih di landa wabah covid 19 maka tentunya saya selaku bupati kabupaten ogan ilir untuk sama-sama mengingatkan dan mengedukasi masyarakat untuk bagaimana memutuskan rantai penyebaran covid 19 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," bebernya.

Wabup juga menginstruksikan kepada camat dan Kepala Desa terkait untuk membimbing para mahasiswa PBL ini sehingga dapat bekerja dengan optimal dalam sosialisai atau menjalan program-program mereka untuk masyarakat Kab. Ogan Ilir. 

"Kedepan saya berharap kepada pihak Universitas Sriwijaya  agar mahasiswa-mahasiswi PBL ini kalo bisa di tempatkan di 16 Kecamatan di Ogan ilir sehingga mereka dapat memberikan subangsi ilmu yang mereka dapat untuk masyarakat Desa Di Kab. Ogan Ilir," ujarnya.

Wakil Rektor IV Unsri Prof Dr Ir M Said Msc menambahkan kegiatan PBL ini merupakan kegiatan reguler yang dilakukan setiap tahunya, walaupun dalam suasana Pandemi kita masih menjalankannya untuk peningkatan kompetensi para mahasiswa sehingga mengetahui kondisi kesehatan masyarakat di Desa-desa. 

"Saya atas nama Universitas Sriwijaya sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kab. Ogan Ilir karena telah mendukung dan memfasilitasi kegiatan PBL ini," singkatnya.