Fornas VI 2021 Sumsel Tahun 2022 Resmi dibuka

Sabtu, 2 Juli 2022 IKP 1419

Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar, S. H, menghadiri Pembukaan Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (Fornas) VI Sumsel Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (KORMI), Jumat (1/7/2022) malam di Venue Dayung, Jakabaring Sport City Palembang.


Gubernur Sumsel Herman Deru, Menpora RI Zainudin Amali, dan Ketua KORMI Pusat Hayono Isman menandai pembukaan ini dengan membidik menggunakan ketapel ke udara dan di sambut dengan meriahnya Pesta kembang api. 


Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar S. H, sangat antusias mengikuti kemeriahan acara pembukaan Fornas IV Sumsel yang berlangsung spektakuler dengan penampilan tarian kolosal dari daerah peserta Fornas VI Sumsel, tarian journey Fornas, devile peserta Fornas, tarian Transformasi Musi, pesta kembang api, dan hiburan penyanyi Mahalini dan ditutup dengan Band Ungu.


Ribuan tamu undangan dari 34 provinsi, peserta Fornas, dan warga Sumsel hadir menyaksikan pembukaan ajang Fornas VI Sumsel yang menorehkan berbagai catatan positif yaitu dengan peserta, dan induk olahraga (inorga) terbanyak sepanjang pelaksanaan Fornas. Fornas ini diikuti oleh 55 Inorga dan 10 eksebisi akan berlangsung 1-7 Juli 2022.


Menteri Negara Pemuda dan Olahraga RI Dr. H. Zainudin Amali, S.E., M.Si sangat mengapresiasi Gubernur Sumsel beserta seluruh jajaran Pemprov Sumsel serta KORMI Sumsel yang telah membuktikan kehebatan Sumsel untuk menjadi tuan rumah pada kegiatan FORNAS VI. 


Ketua Umum KORMI Nasional, H. Hayono Isman menyampaikan rasa takjub pada kegiatan FORNAS VI yang sangat luar biasa,  "jumlah peserta yang sudah hadir di Kota Palembang dan Kabupaten Ogan Ilir kurang lebih 9.000 pegiat olahraga dari seluruh tanah air dengan jumlah yang terdaftar sebanyak 12.141 di Fornas Information System." Ujarnya 


Sementara itu, Gubernur Sumsel H Herman deru menyampaikan semua rangkaian kegiatan dalam Fornas VI yang di mulai sejak 1-7 Juli tersebut murni dilakukan secara gotong-royong antara Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota, BUMN dan BUMD termasuk masyarakat setempat.


"Mudah-mudahan semua yang telah dipersiapkan dengan semangat kebersamaan tersebut bisa selaras dengan tujuan dari pada Fornas VI itu sendiri yakni membangkitkan semangat masyarakat berolahraga setelah terdampak pandemi COVID-19." Harapnya


Turut hadir Gubernur/Wakil Gubernur se-Indonesia, Bupati/Walikota se-Indonesia, Sekda se-Indonesia , Ketua KORMI Provinsi se-Indonesia , Forkopimda.