Keberlanjutan KSP tahun 2018 Sangat Membutuhkan Sinergi Fungsi OPD

By admin 13 Agu 2018, 21:17:36 WIB Berita
Keberlanjutan KSP tahun 2018 Sangat Membutuhkan Sinergi Fungsi OPD

Keterangan Gambar : Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin didampingi Bupati Ogan Ilir H.M. Ilyas Panji Alam dan Walikota Palembang melakukan Teleconperence Simulasi Jaringan Informasi Geospasial


INDRALAYA-Bertempat di Griya Agung Palembang Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin didampingi Bupati Ogan Ilir H.M. Ilyas Panji Alam dan Walikota Palembang melakukan Teleconperence Simulasi Jaringan Informasi Geospasial Nasional Senin (13/08/2018).

Bupati OI H.M. Ilyas Panji Alam mengatakan Kebijakan Satu Peta (KSP)  tujuan utamanya dari kegiatan ini adalah pelibatan pemerintah daerah untuk segera mengoperasionalkan fungsi simpul jaringan dan infrastruktur data spasial, "untuk efektifitas berbagai data melalui Jaringan Informasi Geospasial Nasional (JIGN)" Ujar Bupati OI saat menghadiri Teleconperence Simulasi Jaringan Informasi Geospasial Nasional bersama Gubernur Sumsel H Alex Noerdin.

Masih dikatakan Bupati OI "Selain itu, kegiatan ini juga bermaksud meningkatkan kapasitas pemangku kepentingan di daerah dalam melaksanakan pemetaan partisipatif melalui aplikasi android ”Peta Kita” sebagai bagian dari pelibatan mitra dan publik dalam pelaksanaan KSP," jelas Bupati OI.

Bupati OI mengajak seluruh lapisan masyarakat  dengan adanya kegiatan ini akan mempermudah penyelesaian konflik yang timbul akibat tumpang tindih, pemanfaatan lahan, serta juga membantu penyelesaian batas daerah di seluruh tanah air. 

Dan ia meminta agar segala permasalahan yang muncul di lapangan dicarikan solusinya, khususnya tanah ulayat dan batas desa, sehingga satu peta yang dihasilkan agar memberikan kepastian dan menjadi pegangan. Oleh karena itu, "keterlibatan Pemerintah Daerah menjadi kunci dalam kesuksesan percepatan KSP, terutama dalam penyiapan kelembagaan simpul jaringan dan geoportal daerah dalam pengelolaan data spasial,"pungkas Bupati OI 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment