Bupati OI : Guru dituntut Memiliki Kompetensi yang Sesuai dengan Perkembangan Jaman

By rulian 26 Nov 2018, 10:42:05 WIB Berita

Berita Terkait

Berita Populer

Bupati OI : Guru dituntut Memiliki Kompetensi yang Sesuai dengan Perkembangan Jaman

Kominfo OI, Indralaya - Bupati Ogan Ilir H M Ilyas Panji Alam SE SH MM memimpin Upacara Peringatan Hari Guru Nasional dan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-73 tingkat Kabupaten, bertempat di Sekolah Dasar Negeri (SDN)  09 Desa Pipa Putih Kecamatan Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir,  Senin (26/11/2018).

Turut hadir Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten OI Dr Ariyanto MPd, Camat Pemulutan,  Forkopimcam Pemulutan,  Para Guru dan pelajar SD, SMP, SMA Pemulutan. 

Ilyas menyampaikan bahwa di tengah era globalisasi, profesionalisme seorang guru di tuntut lebih kuat. Hal ini menyangkut sikap mental dan komitmen para guru untuk selalu meningkatkan kualitas.

"Guru dituntut memiliki kompetensi yang sesuai dengan perkembangan jaman mengingat revolusi industri ke tempat yang sudah merambah ke semua sektor. Ini harus kita sikapi dengan arif karena telah mengubah peradaban manusia secara fundamental," katanya.

Untuk itu, menurutnya diperlukan guru yang mampu memanfaatkan kemajuan teknologi informasi untuk meningkatkan kualitas proses belajar-mengajar.

Menurutnya walaupun teknologi informasi berkembang dengan pesat dan sumber belajar dengan mudah didapat, akan tetapi peran seorang guru sebagai tenaga pendidik tidak dapat tergantikan oleh kemajuan teknologi.

"Seperti yang kita ketahui tugas seorang guru adalah mendidik, mengajar, membimbing mengarahkan, melatih, menilai, mengevaluasi setiap perserta didik. Oleh karena itu guru sangat lekat dengan integritas dan kepribadian," katanya.

Ilyas mengingatkan, tahun 2019 mendatang penetrasi revolusi industri ke tempat semakin jauh masuk kedalam berbagai sektor. Termasuk sektor pendidikan, sehingga guru harus mampu menguasai di berbagai bidang teknologi.

"Untuk meningkatkan profesionalisme guru, ini penting karena merupakan salah satu syarat dalam perwujudan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter yang mampu menguasai kecakapan di abad ke-21 ini yang dibutuhkan oleh peserta didik," tandasnya.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment